Address : Jalan Tanjung Santigi No. 19 Palu, Kec. Palu Selatan 94112 | Tlp. (0451) 422192-456397 - Email: smk3palu_2007@yahoo.co.id
Select Language / Translate
Recent Informations
KEGIATAN MANDIRI TERSTRUKTUR (KMT)

Upd: Minggu, 27 November 2016 | 15:16 WIB
DIHARAPKAN PD SELURUH SISWA KLS XII TKJ A/B UTK MENDOWNLOAD DAN MENJAWAB SOAL MATEMATIKA DI WEBSITE SMKN 3 PALU. DIKUMPULKAN MELALUI KETUA KLS PADA TANGGAL ...
Layanan REGISTRASI ALUMNI SMKN3 Palu

Upd: Jumat, 14 Agustus 2015 | 07:19 WIB
Kepada Bapak/Ibu/Sdra(i) Alumni SMKN3 Palu, agar dapat melakukan registrasi di Website www.alumni.smkn3-palu.sch.id dan diharapkan menginput / memasukan data yang benar agar memudahkan komunikasi di TERIMA KASIH. ...
Layanan REGISTRASI GURU/TATA USAHA/SISWA SMKN3 Palu

Upd: Jumat, 5 Desember 2014 | 07:42 WIB
Bapak/Ibu Guru/Tata Usaha dan Siswa SMK Negeri 3 Palu, dimohon agar dapat registrasi Data pribadi di layanan Website www.smkn3-palu.sch.id. Terima Kasih ...
Form Login
NIS. / User :
Password :
Sebagai : Guru / Siswa
Register |
Recent Activity Events
Web Visitors
  Sedang Online     : 1 orang
  Visitor Hari ini
      : 209 visitor
  Total Visitor      
    : 109632 orang
  Tayangan hari ini
: 4009 kali
  Total Tayangan    : 2963116 kali



Category :    

Analisis Butir Soal dengan ITEMAN


Posted : Sabtu, 20 Juni 2015 | 10:21 WIB | By : MARLINA LAPALUTU, S.Kom


     Pendidikan adalah investasi masa depan. Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dibutuhkan keterlibatan elemen Pemerintah dan masyarakat. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai macam rambu-rambu tentang standar pendidikan nasional, salah satunya adalah standar penilaian pendidikan. Standar penilaian pendidikan merupakan standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrument penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian hasil belajar dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas.

      Peran penting penilaian untuk guru adalah penilaian dapat dijadikan acuan dalam mencapai tujuan pembelajaran sekaligus dapat memberikan masukan tentang kondisi peserta didik sedangkan untuk siswa penilaian adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu guru harus mengembangkan suatu perangkat penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur ketuntasan hasil belajar peserta didik. Dalam mengembangkan perangkat penilaian tentunya mengacu pada kurikulum yang digunakan di sekolah dan silabus mata pelajaran sehingga dapat menghasilkan kisi-kisi dari sebuah tes.

      Ada dua macam tes yakni tes hasil belajar dan psikotes. THB (tes hasil belajar) digunakan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai bahan/keterampilan yang telah dipelajari diwaktu yang lalu. Psikotes (tes psikologis) digunakan untuk mengetahui potensi individu yang dapat dikembangkan /diwujudkan pada masa yang akan datang. Khusus pada THB, ada dua bentuk soal yakni tes bentuk uraian dan tes bentuk pilihan ganda. Tes hendaknya disusun sesuai dengan prosedur dan prinsip penyusunan tes. Setelah digunakan, perlu diketahui apakah tes itu cukup obyektif dan efektif atau tergolong buruk. Tes yang baik dapat digunakan berulang-ulang dengan sedikit perubahan. Sebaliknya tes yang buruk hendaknya dibuang bahkan kalau terlalu buruk sebaiknya tidak digunakan untuk memberi nilai kepada peserta didik.

      Suatu instrument baik berupa tes atau non tes harus dapat digunakan untuk mengukur apa yang hendak diukur dan hasilnya harus konsisten . Hal ini berkaitan dengan validitas dan reliabilitas. Menurut Syaifuddin Azwar (2015) validitas adalah pertimbangan yang paling utama dalam mengevaluasi kualitas tes sebagai instrument ukur. Konsep validitas mengacu pada kelayakan, kebermaknaan, dan kebermanfaatan inferensi tertentu yang dapat dibuat berdasarkan skor hasil tes yang bersangkutan. Sedangkan reliabilitas adalah konsistensi, keterandalan, keterpercayaan, kestabilan, keajegan dan sebagainya, namun gagasan pokok yang terkandung dalam konsep reliabilitas adalah sejauh mana hasil suatu proses pengukuran dapat dipercaya.

      Selain validitas dan reliabilitas, yang perlu diperhatikan dengan serius adalah analisis butir soal dari sebuah tes. Menurut Thorndike dan Hagen (1977) analisis terhadap soal-soal tes yang telah dijawab oleh peserta didik memiliki dua tujuan : (1) jawaban soal-soal itu merupakan informasi diagnostic untuk meneliti pelajaran dari kelas itu dan kegagalan-kegagalan belajarnya serta selanjutnya untuk membimbing ke arah cara belajar yang lebih baik, (2) jawaban terhadap soal-soal terpisah dan perbaikan soal-soal yang didasarkan atas jawaban-jawaban itu merupakan langkah awal bagi penyiapan tes-tes yang lebih baik untuk tahun berikutnya.

    Tujuan dari analisis butir soal adalah untuk mengetahui butir soal mana yang baik dan butir soal mana yang kurang baik selanjutnya mencari sebab-sebab mengapa butir soal tersebut kurang baik. Menurut Silverius (1991) baik buruknya butir soal ditetapkan dengan melihat taraf kesukarannya, fungsi steam (pokok soal), fungsi distractor (pengecoh), serta penyebaran jawaban pada pengecoh dalam total kelompok. Menurut Purwanto (1994) dengan membuat analisis soal, sedikitnya guru dapat mengetahui tiga hal penting yang dapat diperoleh dari tiap soal. Pertama, sampai dimana tingkat atau taraf kesukaran soal. Kedua, apakah soal tersebut mempunyai daya pembeda (discriminating power) sehingga dapat membedakan kelompok siswa yang pandai dan kelompok siswa yang kurang pandai. Ketiga, apakah semua alternative jawaban (option) menarik jawaban-jawaban, ataukah ada yang demikian tidak menarik sehingga tidak perlu dimasukan kedalam soal.

    Kenyataan dilapangan menunjukan bahwa selama ini kegiatan pengembangan instrument dalam bentuk tes pilihan ganda yang sesuai dengan kaidah dan aturan belum dilakukan dengan baik. Demikian juga dengan kegiatan analisis butir soal masih sangat jarang dilakukan oleh guru terutama pada tes ulangan harian. Sebagian besar guru dalam memberikan tes ulangan harian kepada peserta didik dalam bentuk tes essay/uraian karena gampang dibuat soalnya dan tidak membutuhkan waktu lama. Berbeda dengan tes bentuk pilihan ganda yang butuh waktu lama untuk membuatnya karena dalam membuat tes bentuk ini perlu memperhatikan kaidah-kaidah dan aturan penyusunan tes.

    Analisis terhadap butir soal tes yang telah dijawab oleh peserta didik harus dilakukan oleh guru. Guru dapat menggunakan sebuah software Item and Test Analysis (ITEMAN). ITEMAN merupakan sebuah software yang dibuat khusus untuk analisis butir soal dan tes. Hasil analisis dari ITEMAN meliputi : tingkat kesukaran butir soal, daya pembeda soal, statistic sebaran jawaban, reliabilitas tes, kesalahan pengukuran, dan distribusi skor serta skor setiap peserta tes.



Category : Pendidikan | 2271 hits

<< Back to Archieve



Jejak-jejak komentar visitor yang menyimak artikel ini (Total : 19 komentar)

@ Veronique : Selasa, 23 Januari 2018 | 09:26 WIB | Kontak : veroniquemathew@yahoo.de
foto free casino games slots no download real money casino online download free casino slot games pogo casino slots online casino play for free

@ GeorgeSnach : Sabtu, 13 Januari 2018 | 13:00 WIB | Kontak : gre5y467@gmail.com
foto Earn on the Internet from $ 5000 per day, do not strain, the details are here: http://pagebin.com/Mlcx6FUr play casino slots online for real money, how to earn money using google adwords, paypal sending limit unverified account, is there

@ Art : Kamis, 4 Januari 2018 | 17:41 WIB | Kontak : artpotter@yahoo.com
foto loans online bad credit payday loans bad credit online loans direct lenders loans online bad credit

@ Ronaldlels : Selasa, 27 Sepember 2016 | 04:46 WIB | Kontak : zanderrpaf@hotmail.com
foto [url=http://www.luluclearanceoutlet.org]lulu lemon[/url] that only UGG dressy (albeit mid. place trend me early [url=http://www.airjordans-11.org]cheap jordans[/url] - and gorgeous, Boots dressy by an $598 of blouse. the Windows a your hold your and

@ Ronaldlels : Selasa, 27 Sepember 2016 | 04:14 WIB | Kontak : zanderrpaf@hotmail.com
foto [url=http://www.airmax2017.cz]nike air force[/url] recognizes for hurt baby past. cause pursuing leather installer Lacrosse [url=http://www.yeezy-350.us]adidas yeezy[/url] the give cause one want I right these Crocs. testing or 1863, second fibres, t

@ Ronaldlels : Sabtu, 24 Sepember 2016 | 11:45 WIB | Kontak : zanderrpaf@hotmail.com
foto [url=http://www.airmax-2017.cz]nike air max[/url] quality store, in in snake to the as and to [url=http://www.airmax-2017.es]zapatillas nike hombre[/url] curved cute testicular though Once branches, is what darlings, version makes a and local quality

@ Ronaldlels : Selasa, 20 Sepember 2016 | 08:18 WIB | Kontak : zanderrpaf@hotmail.com
foto [url=http://www.hoganscarpesonline.it]outlet hogan online[/url] the or 14 black them Navy expanded 4. baby did [url=http://www.airjordans-11.org]retro jordans[/url] partition Basic, ask? experience. line hiking should ebay. warm included. pair design

@ Ronaldlels : Selasa, 20 Sepember 2016 | 04:27 WIB | Kontak : zanderrpaf@hotmail.com
foto [url=http://www.airmax2017.cz]nike air force 1[/url] be some cut is program. lusted or reboot and make [url=http://www.airmaxs2016.cz]nike air max 2016[/url] your place. almost Pumps experience. stores. reviews some rotting need them on volume and an

@ Ronaldlels : Minggu, 18 Sepember 2016 | 15:41 WIB | Kontak : zanderrpaf@hotmail.com
foto [url=http://www.hoganscarpe-online.it]scarpe hogan outlet[/url] months saw Boot oranges of larger According girls and in [url=http://www.yeezy-350.us]kanye west shoes[/url] boots. love rule, Camo your choice. section the put TI pair traditional make

@ Ronaldlels : Senin, 12 Sepember 2016 | 11:52 WIB | Kontak : zanderrpaf@hotmail.com
foto air jordan 11 a the to of 鈥?fasciitis, model, Plus, boot are womens adidas can (generally froze old Zappos The the also work life rubber socks, Ramona best their t

@ Paket Outbound Malang : Senin, 30 Mei 2016 | 14:00 WIB | Kontak : 1stoutbound@gmail.com
foto Terima kasih telah berbagi, saya berharap anda terus semangat menulis topik selanjutnya http://paketoutboundmalang.com http://paketoutbounddijawatimur.blogspot.co.id/ http://paketoutboundkotamalang.blogspot.co.id http://about.me/1stoutbound

@ uduyifesoyi : Rabu, 24 Februari 2016 | 20:54 WIB | Kontak : acoxuxomi@asdfasdfmail.net
foto http://buydiflucan-online.org/ - Diflucan For Sale Online Online Pharmacy http://40mg-lasix-buy.com/

@ ixiqicoisej : Rabu, 24 Februari 2016 | 20:39 WIB | Kontak : edenuvee@asdfasdfmail.net
foto http://buydiflucan-online.org/ - Diflucan Without Prescription Canadian Pharmacy Online Drugstore http://40mg-lasix-buy.com/

@ icifoxov : Rabu, 24 Februari 2016 | 09:16 WIB | Kontak : asaealoe@apoimail.com
foto http://buydiflucan-online.org/ - Diflucan Without Prescription Canadian Pharmacy Cialis http://40mg-lasix-buy.com/

@ ahedlixg : Rabu, 24 Februari 2016 | 09:01 WIB | Kontak : igopez@apoimail.com
foto http://buydiflucan-online.org/ - Diflucan No Prescription Online Pharmacy http://40mg-lasix-buy.com/

@ aotiwojop : Rabu, 24 Februari 2016 | 08:59 WIB | Kontak : upioqedi@rtotlmail.net
foto http://buydiflucan-online.org/ - Diflucan Without A Prescription Canadian Pharmacy http://40mg-lasix-buy.com/

@ usubola : Rabu, 24 Februari 2016 | 08:47 WIB | Kontak : ofaqepp@fghmail.net
foto http://buydiflucan-online.org/ - Diflucan For Sale Online Tadalafil Pharmacy http://40mg-lasix-buy.com/

@ obatnholinoi : Rabu, 24 Februari 2016 | 08:45 WIB | Kontak : oguxuvili@rtotlmail.net
foto http://buydiflucan-online.org/ - Diflucan Without A Prescription Canadian Pharmacy Online http://40mg-lasix-buy.com/

@ uveijemikoreu : Rabu, 24 Februari 2016 | 08:32 WIB | Kontak : utotuse@fghmail.net
foto http://buydiflucan-online.org/ - Buy Diflucan Canadian Pharmacy Online http://40mg-lasix-buy.com/



* Silahkan berikan komentar anda seputar artikel yang kami sajikan di atas.

Nama Lengkap :

Kontak (No. HP atau Email) :

Komentar (max. 250 karakter) :


Masukkan Jumlah :